News
Sedang dimuat...

Profil Wilayah Dlingosatu

Peta Wilayah Dlingosatu (Dok : Google Earth)
Dusun Dlingosatu merupakan satu dari pedukuhan di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis merupakan daerah dataran tinggi yang didominasi oleh perbukitan karst.

Topografi Dusun Dlingosatu terletak pada ketinggian 200-250 m di atas permukaan air laut dengan luas wilayah 0,36 km persegi. Batas-batas wilayahnya antara lain :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Pedukuhan Koripan 1
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Pedukuhan Pakis 2
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Pedukuhan Pokoh 2
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Pedukuhan Dlingo 2
Salah satu Lahan Sawah Dlingosatu (dok: Muhammad Abtar Rozak)
Secara geologis wilayah Dusun Dlingosatu memiliki kondisi tanah berupa perbukitan atau pegunungan karst yang memiliki lapisan tanah tipis, berbatu dan kurang subur.

Sumber air minum di Dusun Dlingosatu berasal dari PDAM yang diambilakan dari sumber air di wilayah Dusun Dlingodua, sumur terlindungi dengan air tanah (Belik Ndadhap) untuk pertanian sehingga pada musim kemarau debitnya berkurang bahkan hilang.
Lahan pertanian mengandalkan air hujan artinay jika musim penghujan menjadi sawah ditanami padi dan musim kemarau menjadi tegalan ditanami palawija.

Dusun Dlingosatu terdiri dari 5 RT yang semuanya aktif menjalankan kegiatan kemasyarakatan seperti petemuan rutin, kelompok usaha bersama, pembangunan, kesenian dan lainnya.
Bagikan di Google Plus

Profil DLINGOSATUNEWS

Dusun Dlingo 1 adalah salah satu dusun di Desa Dlingo Giriloji, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Projo Taman Sari Sejahtera Agamis Demokratis yang memiliki potensi alam, budaya,sumber daya manusia yang unggul.

0 komentar :

Posting Komentar

Terimakasih telah berpartisipasi memberikan komentar terbaik anda. Isi komentar di luar tanggung jawab redaksi.