News
Sedang dimuat...

Sejarah Dusun Dlingosatu




Pedukuhan Dlingo 1 merupakan satu pedukuhan diantara sepuluh pedukuhan di Desa Dlingo. Sejak zaman dahulu sampai zaman penjajahan Belanda nama Dlingo adalah Dringo. Riwayat singkat ini ditulis berdasarkan sumber dari tokoh masyarakat setempat.  

Pedukuhan Dlingo masuk dalam wilayah District Dringo Regenstap Klaten sejak zaman penjajahan Belanda. Pedukuhan Dlingo dipimpin oleh 2 orang Bekel atau Bayan yaitu Noyo Dikromo dan Sono Dikromo. Noyo Dikromo mendapatkan mandat dari Bupati Kanjengan Kulon atau Keraton Kasunanan Surakarta dan Sono Dikromo dari Bupati Kanjengan Wetan atau Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Wilayah kekuasaannya yaitu Pedukuhan Dlingo bagian selatan dipimpin oleh Noyo Diromo, sedangkan Pedukuhan Dlingo bagian selatan oleh Sono Dikromo. Wilayah kekuasaan dibatasi oleh Lurung (jalan kecil).

Padah Tahun 1909 sampai 1962 kepemimpinan Pedukuhan Dlingo diteruskan oleh Jogoboyo Atmo Rejo atau Sareh. Beliau bertugas menjaga ketentraman masyarakat Pedudkuhan Dlingo.
Tahun 1958 terbit Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 1958 yang menerangkan status Kapanewon Imogiri SK menjadi Kecamatan Dlingo sekaligus mengubah sebutan Dringo menjadi Dlingo.

Pada Tahun 1975 terbentuk Kecamatan Dlingo yang kemudian diikuti dengan pemekaran wilayah Pedukuhan Dlingo menjadi 2 pedukuhan yaitu Pedukuhan Dlingo 1 dan Pedukuhan Dlingo 2. Pemekaran ini berdasarkan Keputusan DPR Gotong Royong Tahun 1970. Pedukuhan Dlingo 1 dipimpin oleh Wasito Rejo Sedangkan Pedukuhan Dlingo 2 oleh Walidi.

Wasito Rejo memimpin Dlingo 1 hingga beliau wafat pada Tahun 1999. Setelah itu diangkat Pj Dukuh Dlingo 1 oleh Lurah Desa Dlingo. Dilantiklah Kepala Bagian Keuangan Desa Dlingo, Sukasno sebagai pj Dukuh Dlingo 1  hingga Tahun 2002.

Pada Tahun 2002, Pedukuhan Dlingo 1 mengadakan pemilihan dukuh yang berhasil memilih Sena sebagai Dukuh Dlingo 1 hingga sekarang.

Sumber : Buku Profil Dusun Dlingosatu
Bagikan di Google Plus

Profil DLINGOSATUNEWS

Dusun Dlingo 1 adalah salah satu dusun di Desa Dlingo Giriloji, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Projo Taman Sari Sejahtera Agamis Demokratis yang memiliki potensi alam, budaya,sumber daya manusia yang unggul.

1 komentar :

Terimakasih telah berpartisipasi memberikan komentar terbaik anda. Isi komentar di luar tanggung jawab redaksi.